Jika kita berbicara tentang toko online dan toko offline, pastinya akan ada perbedaan yang cukup signifikan walaupun masing-masing jenis penjualan dengan menggunakan media tersebut mempunyai keuntungan masing-masing serta bisa dilihat dari sisi plus dan minusnya.
Berikut perbedaan yang cukup siginifikan untuk kedua sararan tersebut :
- Toko Online
Namun bagi anda yang mempunyai cukup biaya untuk menggunakan website berbayar, maka hal itu akan lebih baik lagi. Selain anda mempunyai website resmi atau domain pribadi, anda bisa juga mendapatkan pelayanan extra dan lebih maksimal dari website free. Biasanya hal tersebut digunakan oleh perusahaan atau instansi bonafid yang memang mengharuskan mereka mempunyai website sendiri guna mendukung segala aktifitas bisnis untuk mencapai tujuan dan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Website juga bisa digunakan sebagai penunjukan esksitensi terhadap perusahaan tersebut dengan para rival mereka, mengingat persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat dan memerlukan startegi yang cukup matang.
- Toko Offline
Begitu dengan jam pengoperasiannya yang terbatas, dan tentunya tidak bisa memaksimalkan waktu penawaran yang akan dilakukan oleh penjual kepada pembeli. Pemilihan lokasi pun mempunyai peran penting untuk menunjukan eksistensi usaha yang sedang anda jalankan, misal anda membuka toko ditempat yang kurang strategis tentunya akan menyulitkan bagi orang atau konsumen untuk bisa mengetahui bahwa pada daerha tersebut tersedia toko sembako, baju atau lainnya. Ini bisa menyebabkan toko anda sepi dari para pengunjung, dan jika hal tersebut trejadi terus menerus maka bisa dipastikan anda bisa mengalami kerugian yang cukup besar.
Promosi yang dilakukan oleh pembisnis dan pengusaha toko offline tentunya lebih sulit dibandingkan dengan promosi yang dilakukan oleh pemilik toko online, karena untuk mempromosikan usaha atau bisnis secara offline tidak cukup hanya mengandalkan promosi dari mulut kemulut saja ataupun melalui lembaran brosur dan pengumuman yang bisa ditempel pada pingggir jalan dan sejenisnya. Karena walaupun hal itu dilakukan jangkauannya pun hanya sebatas mayoritas lingkungan toko tersebut, dan belum mampu menjangkau area promosi yang lebih jauh lagi. Anda juga akan mendapatkan konsumen yang kurang beragam atau hanya mendapatkan dari masyarakat sekitar yang belum tentu merekomdasikan toko anda diluar jangkauan area tersebut, ini tentunya tidak bisa memaksimalkan langkah anda dalam usaha atau bisnis yang sedang dijalankan sehingga bisa berpotensi mendapatkan kerugian ataupun usaha yang hanya jalan ditempat.